Tips melaju cepat dan konstan di JPG

By Ari Hidayat (Arbot) Dkk

11745676_10207007145596355_4513154511564923392_n

Om Arbot:
Waktu mau masuk JPG ( dan track lain yg kita familiar) usahakan di benak kita ada pembagian 3 posisi/tempat utk :
1. Speeding points
2. Breaking/explosive points
3. Recovery point
Titik2 ini akan berubah/bergeser seiring dengan jumlah lap yg kita lalui
asumsi latihan ini adalah track kosong melompong, om Cit….

Oke kita mulai….

Start dari mpok harus agak kenceng (semi explosive) supaya bisa terus ngebut di turunan sebelum SD itu…

Om Au:
Start 7 kurang. Masih kosong treknya

Om Arbot: 
Buat jaga speed begitu persis depan SD, mulai naik ke paving block, pindah gigi satu kali aja….

Pindah gigi RD satu kali lagi ( ke atas/ringan di persimpangan jalan)

Tahan terus rpm santai aja (recovery) di sepanjang jalan paving block kampung yg ada polisi tidurnya itu…

Om Dave: 
Yg pasti bodi dulu..turunin bbrp kg 😄

Om Arbot: 
Turun posisi RD sebelum belok ke paving block yg menurun…speeding point…

Hati2 pertigaan…naik gigi lagi 2-3 posisi buat jaga speed dan power…

Om Dave: 
Bbrp titik kudu bisa ‘lean the bike’ agar tidak terjadi ‘speed loss’ krn ngerem

Om Arbot:
Turunin balik satu posisi, siap2 masuk track…disini kita pake ilmunya Cip…
masuk track posisi sepeda harus miring, dan agak lompat (dikiiiitt..aje) supaya gak kepentok got…snake bite ntar….(saya sering bloom begitu)
Karena awal track sebelum belok kanan rada nanjak, pastikan posisi gear di sprocket tengah aja, tentative…tergantung kebiasaan…

Om Fatur:
Tekanan ban, kompon ban juga harus di perhatikan supaya proses lean the bike berjalan natural.

Om Arbot: 
Sesudah belok kanan(beloknya harus leaning lagi), itu speeding point berikutnya…

Om Fatur:
Upper body musti dilatih agar keseimbangan dapat dimaksimalkan.

Om Arbot: 
Sampe bagian agak nanjak dikit, pindahin sekali aja ke atas posisi gearnya….siap2 berm sawah….

Om Fatur: 
Pumping track sangat direkomendasi utk latihan upper body

Om Arbot: 
Masuk berm sawah, untuk control speed, rem sebelumnya, jangan rem waktu di berm…riskan
Di turunan, rem dengan perlahan…sampe ke titik ajrut2an yg berbelok ke kanan…
Pindahkan posisi gear dua ke atas langsung…siap2 nanjak di jembatan bambu kecil…

Kalau masih terasa berat, pindahin lagi satu di pertengahan jembatan….

Tanjakan pendek sesudah itu, turunkan lagi girnya, jangan ngicik di situ, buang tenaga…

Baru di akhir tanjakan pindahkan lagi satu gear ke atas supaya speed terjaga…

Kita sekarang sampai si recovery point pertama, sebelum turunan kuburan…
Posisikan gear di 6-7
Berhenti mengayuh sejak titik belokan kanan (yg biasanya suka ada anak2 pada minta sumbangan itu lho)

Ini juga tips buat hemat tenaga, abang….makanya gue kasih ilustrasi posisi gearnya…

Masuk turunan kuburan dari sisi kiri..smooth braking point waktu kita udah di bawah, buat menyesuaikan arah sepeda pas mau nyeberang jembatan

Tapi nte Wid, Aduy sama Cip, disini mereka semua kagak ngerem sama sekali…. :p
Jaga keseimbangan, jangan rem di pematang sawah, maanfaatkan momentum laju sepeda buat bantu kita di tanjakan narsis

Sebelum berbelok ke kanan, pindahkan gear dua posisi langsung ke atas…

Kayuh dengan sabar….hehe…

Sampe kita di recovery point kedua…..

Seharusnya kita ada di gear 8atau9 sekarang…

Di recovery points, pastikan bahwa utk jga speed, kita tidak di gigi atas terlalu lama, cari posisi gear yg kita rasa ringan, tapi sepeda tetap tidak drop speednya

Jadi sebenernya itu sebabnya saya boros drivetrain…cetak-cetek mulu pindah gigi…

Turunan miring (off camber itu) posisi gear ada di 5 idealnya, buat explosive speed nanjak di pjmi…hati2 dengan
jembatan kayu yg lepas..roda depan harus terangkat pada saat melindas jembatan

Pindahkan gigi dua atau tiga ke atas persis sesudah kita melewati jembatan

Pindahkan sekali lagi ke atas pada saat kita nanjak…hati2 jangan kasar supaya rantai selamat sejahtera (minta belajar shifting sama suhu or om ketu, juaraaaa..)

Recovery pendek…

Gak usah pindah gear

Nanjaklah dengan sentosa menuju warung sumur. Kalau tergoda mau istirahat dulu di sini, JANGAN!!!!

Kita kan lagi latihan….oncom!!

Om Dave: 
Jembatan surapai..hati2

Om Arbot: 
Sebelum turun ke surapai, turunkan gear ke tenga lagi 5 atau 6, buat explosive nanjak sambil miring ke kanan itu..

Ada tiga cara untuk menaklukan surapai:

1. Ugal2an kayak Cip, Aduy dan nte Wid…kencang dan sedikit di pump di ujung jempingan – sepeda pasti mendarat di tanah, tidak bakal kena jembatan
om Cit : bisa kalau pas belok kiri nya pelan, kalau speednya kenceng boleh
Coba di 8

(Asumsi 10 speed)

Cara menaklukan surapai no.2 :
2. Kecepatan sedang, sepeda tetap akan naik kedua rodanya, untuk menjaga keseimbangan dan memastikan sepeda gak nungging pas mendarat, tarik badan ke belakang sejauh mungkin

Waktu mendarat, roda
Belakang pasti masih menyentuh jembatan..
Cara no.3 : pelan aja, alon2 asal kelakon, rolling dan begitu turun dari jembatan langsung break explosive buat dapetin momentum speed pas nanjak

Om Au: 
Tanjakan pjmi mending ga ngicik. Irit tenaga.

Om Citra: 
Kalo terlajur ada yg ngalangin gimana om?

Om Arbot:
Treak om cit…. Teriak yg kuenceng….

Om Au: 
Pas mau naik di 5. Utk nambah pd, pas agak naik oper ke 6 terus gas poll dach

Om Arbot: 
berarti manusia ini ngebut pas belok kirinya… (Y)

😀

Om Au: 
Emang ada belokan?

Sblm suropay siapin gear di 7 or 8. Pas turun diemin ampe gowes ga ngeloss. Baru digas poll.

Om Dave: 
Gw diajarin Fendy
Abis ngicik stlh tanjakan, naikkan gear per lahan utk menjaga speed.

Om Arbot: 
Memang kata kuncinya adalah “menjaga” – konstan

Menjaga speed, menjaga stamina, menjaga jarak kalo pas diajak gowes nolak mulu #?!

Maanfaatkan jarak yang sedikit sebelum turun di double drop, buat recovery…

Gear posisi di 7 waktu turun double drop

Semakin kencang speed pada saat turun di double drop, semakin hemat tenaga kita pas harus nanjak di ujung…

Sampai di atas, turunkan gear ke posisi 3 atau 4 supaya pas turun belak-belok itu, gak akan ngeloss waktu dikayuh

Om Dave: 
Ambil yg kanan..bunny hop dikit lgs landing 😄

Om Arbot: 
Bener! Hahaha…

Om Dave: 
😀

Om Arbot: 
Kami gak pernah takut terbang, Cip…..cuma sedikit khawatir waktu mendarat… 😀 :p

Tahan posisi gear sampe di lapangan bola…

Om Au: 
Bunny hoop di got. Ati2 kanan kiri lewat motor

Om Arbot: 
Area ini adalah recovery point terpanjang di track, saatnya ambil bidon, minum….jangan buka bungkusan makanan, gak akan cukup waktunya..
Hati2 di belokan kanan yg jalannya agak bergelombang, harus cepat supaya speed terjaga tapi juga harus tepat supaya gak nyangkut di bambu yg kanan..

Jurus Cip lagi, lean the bike….

Tahan posisi gear yg sama di area alang2…pindahkan begitu sampe empang yg pematangnya di urug lumpur

Di sawah, pakai gear yg tidak terlalu berat, 4-5 karena permukaan yg bergelombang akan lebih cepat dan mudah menjaga kesimbangan kalau beban kayuhan tidak terlalu berat

Di ujung sawah, dimana permukaan pematang semakin parah pindahkan lagi gear satu kali ke atas, siap2 naik jembatan

Posisi gear pada saat naik jbatan besar idealnya ada di 7-8, tahan terus sampai nanjak di tanjakan panjang…

Gigi baru boleh diringankan lagi ke 8 atau 9 diujung tanjakan, karena banyak kerikil. Ini penting untuk menjaga “bulat”nya kayuhan, supaya roda belakang tidak slip/skid

Recovery/speeding point sebelum masuk roller coaster

Gigi di posisi 4

Masuk roller coaster…
Keluar dari roller coaster, jaga speed sampe di belokan kiri yg tajam itu…

Naikkan gear sekali begitu keluar dari belokan….sekali lagi begitu ketemu tanjakan kecil (yg simpangan jalan setapak)

Tahan di posisi gear yg sama, atau naik satu lagi untuk siap2 nanjak yang mengarah ke kiri ….
Keluar tanjakan turunkan gear dua kali saja, karena akan ketemu dua tanjakan pendek sebelum turun di “S”
Jaga rpm supaya speed tidak nge-drop begitu keluar tanjakan ya…

Karena biasanya di sini nafas kita udah agak tersengal..

Oke, kita sekarang sampai di turunan S
Gear ada di posisi 7
Selalu turun dengan pelan di bagian awal turunan S, supaya dapet speed agak kencang di bagian kedua/akhir turunannya….hati2 dengan sedikit tonjolan di ujung bawah turunan…

Tahan posisi gear sampe di belokan ke kiri di sawah, pindahkan sekali langsung break supaya dapet speed dan momentum di tanjakan bambu

Yg normal buat amatir kayak kita, posisi gear ada di 8 di tanjakan bambu inoi

Sesaat sampe di atas, langsung pindahkan empat gear ke bawah, utk mendapatkan speed di jalan yg agak menurun

Begitu terasa jalanan sudah terasa agak menanjak, perlahan naikan gear satu per satu untuk naik di tanjakan SD

Seharusnya cuma di tanjakan SD ini gear paling ringan terpakai di JPG

Mau yg 34, 36, atau tutup rantang cog 42….

Om Au:
Yes 32 36

42 kepake di jpb. Tanjakannya setan 😄

Om Arbot: 
Jangan langsung pindah gear…karena di paving block masih ada tanjakan kejut sedikit

Om Au: 
Eh ane dech yg kurang berlatih
Bukan tanjakannya yg setan 😁

Om Arbot: 
Kalau jalanan sudah rata
Langsung turunkan gearnke posisi 6, supaya dapat putaran rpm sekitar 60-70 dan speed bagus. Disini juga recovery point

Turunkan gear sedikit2, dgn rpm yg sama, speed akan nambah… Hati2 warga yg melintas…

Selepas paving block, kita masuk ke turunan patok pertama. Saya sarankan pakai lagi jalur asli turunan patok pertama, karena sudah bersih dari panenan bambu…bagus buat belajar balance dan braking

Persiapan menuruni turunan patok panjang, posisi gear harus di 2, berbelok ke kiri dengan memiringkan sepeda

Kayuh sampai terasa berat di kaki, pindahkan 2 atau 3 gear ke atas untuk bersiap menyeberangi jalan. Jaga speed

Begitu sukses nyeberang, seharusnya gear sekarang ada di 5-6, tahan disitu…

Jaga speed, jangan tekan rem waktu mau ketemu gundukan, biarkan sepeda bergerak dengan sisa momentum kayuhan, sama seperti cara menaklukan surapai no.2

Sepeda akan “terbang” sedikit, dan flat landing. Manfaatkan moment speed untuk berbelok ke kiri dengan smooth dan kencang

Mulailah mengayuh lagi, pindahkan gigi satu persatu secara perlahan, kalau bisa tahan rpm di putaran 50-60 itu bagus, posisi gear di 6-7 sampai habis tanjakan dan kita harus belok kanan

Disini recovery point berikutnya, biarpun pendek

Pindahkan gear ke 2, kayuh dengan bulat, jangan di hammer, sampe kita harus mengerem karena mau ketemu parit di bawah….

Om Aduy: 
Kok direm

Om Arbot: 
Karena ini yg jurus rolling, Duy…bukan yg bunny hop…
Bisa sih bunny hop, tapi gak bagus buat endurance. Terlalu makan energi

Turunkan gear sekaligus ke 7-8, jadi pada saat rolling ke parit kita tidak perlu pindah gigi lagi. Kenapa harus ringan begitu? Karena keluar dari parit ban basah, jadi agak licin untuk dikayuh…

Lagi2 kuncinya adalah mengayuhlah dengan ‘bulat’ supaya traksi ban belakang bagus dan seimbang
Begitu traksi sudah sempurna, perlahan turunkan lagi gearnya, supaya sepeda bisa segera melaju kencang…di turunan v bambu, begitu menanjak, pindahkan maksimal dua kali saja ke atas, supaya tenaga dan heart rate terjaga, tapi kita tetap dapat menanjak dengan ringan dan kencang

Recovery dan speeding point berikutnya….

Karena jalanannya kerikil, kayuh dengan tenang jangan ngotot, jaga traksi…kontrol gerakan sepeda dengan badan, jangan dengan tangan atau rem

Sesaat sebelum sampai di samping rumah, kita akan rasakan kecepatan menurun dan jalanan agak menanjak lagi. Pindahkan gear ke atas sekali, jaga rpm. Kalau perlu pindahkan sekali lagi

Pastikan kita mendapatkan posisi gear yg optimal sebelum jembatan besi, biasanya di 4-5, karena kita mau ngebut selepas jembatan

Selepas jembatan, rpm harus bisa di kisaran 70, kemudian pindahkan sekali ke atas waktu mulai menanjak

Sekali lagi waktu udah deket rumah…

Kita sekarang ada di posisi gear 3-4 dan siap2 turun kencang di kerikil
Kita kayuh dengan rpm dibawah 60, siapkan mental (bukan tenaga!) untuk tanjakan terakhir
Sebelum lupa; catatan atas review di atas adalah ini untuk kondisi track kering dan pengguna single chainring, terutama 34T

bagi pemakai dual atau triple chainring, catatan posisi gear harus disesuaikan kembali

bagi yg meng-archive mohon di share ke yg lain, kalau tidak keberatan..

Review berikutnya, track Tako2

Advertisements

It started when…

When you asked me a month a go about an SLR camera, I would probably say it just a waste of money.

It started when a got an assignment to Kuala Lumpur on October 15th to 20th 2008. I’m free on Saturday and Sunday by the way, and by a chance in that same free day there will be also a MotoGP qualification and race, I already been to KL, and going to some places there, and so it is obvious what my plan is during my free day this time. Plan is  set, and now is the time for preparation, Booking ticket? no need, since my friend say that I wouldn’t running out of thicket there.samsung-l7301

First thing that cross in my mind is that I want to make tons of pictures, I already have a pocket camera, It’s a Samsung L730 wich in my opinion is a great camera, it’s light weight, easy, and produce great color tone, but this time it’s a special occasion, I wan’t to take pictures of Vallentino Rossi, Cassey Stonner, Dani Pedrossa, etc. in a real life action. I need to be equiped with more powerfull gear, some thing that offer enough zoom abillity to reach them, a 300mm tele lens will be great, but where can I find one? the only thing I have is a pocket camera with a modest 3x zooms.

Buying a camera with a tele capability is not an option that time, since I thought I will only need it once, on

that ocassion. So I was asking friends who have a camera with a decent tele zoom capability. My boss at the office Pak Ari who has tried many time persuade me to join his hobby photography is kindly offer me  one of his collection, a prosumer camera Canon Powershot Pro 1 with decent tele lens of 200mm, not the 300mm I think I will need, but this much better offer then none, I need to purchase my own CF card by the way, since I don’t think the attached 256MB CF Cards is enough for me, so I buy a 1GB CF Card.

So here it is, It’s a great camera on my standard that time, but like I predicted, the 200mm lens is almost not enough for me, so it’s I who need to find the closes place to take pictures, and I found one luckly, at the famous sepang hairpin, a great place to take riders in actions, it’s very close with the track, and also the slowest part of the circuit.

Shooting in a full automatic modes, never the lest, it delivers me some great pictures that make me feel like a pro. And there you go, the joy of making great pictures make me consider to buy an SLR camera for my self.

These are some pictures I took by the way:

vermeulen-leaning

melandri-leaning

hayden-leaning

rossi-leaning